Ada apa dengan "UMSU Career Expo"?

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Sumatera Utara menyadari bahwa pentingnya meningkatkan daya serap lulusan di dunia kerja dengan meningkatkan daya saing lulusan melalui penyelenggaraan sistem akademik dan administrasi yang bermutu serta langkah-langkah persiapan lulusan meenghadpai tantangan di dunia kerja yang semakin kompetitif. UMSU menyadari bahwa tanggung jawab perguruan tinggi tidak hanya berhasil melahirkan lulusan yang kompeten dan bermutu namun bagaimana lulusan yang kompeten dan bermutu tersebut dapat berkiprah berkarir di dunia kerja sehingga mendukung pula going concern UMSU di masa depan. Semakin banyak lulusan UMSU diserap di dunia kerja maka semkain meningkat kepercayaan masyarakat untuk mengenyam pendidikan tinggi di UMSU.

Dalam rangka mewujudkan kepentingan tersebut maka Career Development and Alumni Centre (CDAC) telah dibentuk UMSU sebagai ujung tombak untuk merealisasikan kepentingan tersebut dan mendorong lembaga tersebut menyelenggarakan program-program bermanfaat mengembangkan kualifikasi berkarir lulusan UMSU serta menjalin hubungan baik dengan perusahaan stakeholder yang membutuhkan tenaga kerja untuk memperkenalkan profil lulusan dan menjembatani penempatan kerja lulusan di perusahaan-perusahaan tersebut.

Sejak tahun 2014 CDAC UMSU telah menyelenggarakan bursa kerja dengan mengahadirkan perusahaan baik nasional maupun lokal dengan jenis perusahaan yang beragam seperti perbankan,manufaktur,jasa lainnya dan perkebunan. Jumlah pelamar yang mengikuti kegiatan tersebut meningkat setiap tahunnya karena antusias pelamar kerja baik lulusan UMSU maupun masyarakat yang sangat membutuhkan pekerjaan. Kegiatan bursa kerja yang diselenggarakan CDAC UMSU dilakukan 2 kali setahun mengikuti sesi wisuda UMSU yang dilakukan 2 kali setahun.

Awalnya diberi nama “UMSU JOB FAIR” yang dilaksanakn setiap bulan November dan “UMSU JOB INTERVIEW DAYS” dilaksanakan setiap bulan Mei.Penyelenggaran pada saat itu menggunakan sistem off line dan belum professional namun sekarang di tahun 2017 CDAC menyelnggarakan bursa kerja yang lebih professional menggunakan sistem online yang memudahkan semua pihak baik pelamar kerja maupun perusahaan. Sekarang CDAC UMSU memberi nama kegiatan tersebut “UMSU CAREER EXPO” yang juga akan dilaksanakn 2 kali setahun (Juli dan November).

Apa manfaat mengikuti UMSU Career Expo 2017?

Pada tanggal 22 Juli 2017 Auditorium Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Jl. Mukhtar Basri No. 3 Medan, Sumatera Utara, CDAC UMSU akan melaksanakan UMSU CAREER EXPO 2017 Session 1. Kegiatan ini direncanakan akan menghadirkan 20 perusahaan dengan puluhan lowongan kerja dan informasi peluang karir, dengan target akan dihadiri oleh 2000 pelamar kerja, baik lulusan UMSU maupun masyarakat umum. Manfaat mengikuti UMSU CAREER EXPO, yaitu:

  • Mendapatkan informasi profil perusahaan langsung dari pihak perusahaan.
  • Bertemu langsung dengan pihak perusahaan untuk meyampaikan dokumen lamaran kerja dan kemungkinan melakukan interview awal.
  • Mendapatakan kesempatan konsultasi karir dan kewirausahaan dengan pihak CDAC UMSU dan professional lainnya.
  • Dapat melakukan Tes Potensi Minat Kerja dengan Psikolog untuk mengetahui potensi bidang kerja yang sesuai dengan karakteristik kepribadian pelamar kerja.
Partisipan UCE 2017