Loading...
Wednesday, 22 Nov 2017

CDAC UMSU (online system)

CAREER DEVELOPMENT & ALUMNI CENTER
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA
Sistem Pusat Karir Online
 

Kiat Menghindari Lembur

tips karir | 12 September 2017 11:40 wib
---
Selama ini banyak karyawan atau pekerja yang tepaksa lembur untuk menyelesaikan pekerjaannya yang tidak tuntas pada saat jam kantor (office hour). Bahkan kadang, jika pekerjaan begitu menumpuk dan deadline semakin mendesak, lembur di hari libur pun mau nggak mau terpaksa dilakukan.
Tetapi pada dasarnya setiap  keryawan selalu ingin menghindari lembur, kecuali para pekerja yang workhaholic. Pulang tepat waktu atau kalau perlu pulang lebih cepat, selalu ingin dilakukan oleh para pekerja. Lagi pula terlalu sering lembur bukan berarti anda akan dianggap karyawan yang loyal. Justru anda bisa dicap lamban dalam menyelesaikan pekerjaan. Dan tidak mampu bekerja on time.
            Maka usahakan agar pekerjaan anda selesai pada saat yang ditentukan. Untuk itu, anda harus mengefektifkan waktu delapan atau sembilan jam kerja setiap harinya, agar anda tidak perlu lembur. Debra Benton, ahli strategi karir di Fort Collins Colorado,memberikan tips singkat agar anda terhindar dari kerja lembur.
1.      Buat Prioritas
Buat skala prioritas dalam mengerjakan tugas. Lakukan tugas yang cukup berat dan penting  di pagi hari, saat anda masih dalam kondisi fresh. Kemudian lakukan tugas berikutnya sesuai prioritas yang anda tentukan. Hingga saat jam kerja berakhir, tugas anda hari itu pun tuntas pula.
Untuk menjamin bahwa anda tidak akan lembur, majukan deadline dari jadwal biasanya kalau deadline biasa jam 5 majukan jam 4 atau jam 3. Untuk mengejarnya, kalau perlu datanglah lebih cepat dari waktu biasa.

2.      Hindari hal-hal yang mengganggu
Efektifkan waktu anda setiap hari dari hal-hal mengganggu yang akan memanhgkas waktu anada. Ngerumpi dengan teman kantor, ngobrol di telepon atau chat room di internet, harus anda hindari saat jam-jam sibuk. Jika ada yang menginterupsi waktu anda dengan hal tersebut katakan dengan tegas bahwa anda sedang sibuk. Agar lawan bicara tak tersinggung tawarkan waktu saat istirahat

3.      Rapat sebelum istirahat
Jika anda berwenang memimpin rapat, lakukan sekitar jam 11 :00. Karena biasanya jam 11 merupakan saat – saat menjelang makan siang dan orang lebih suka bicara langsung ke sasaran tanpa basa-basi. 

4.      Bijak Memanfaatkan teknologi
Akan sangat bijak jika selama dikantor anda mematikan ponsel atau terlalu asyik berkirim sms, bermain e-mail dan chatting. Kecuali tentu saja untuk urusan pekerjaan karena tanpa sadar, hanya dengan berkirim SMS misalnya, waktu anda sudah tersita cukup banyak

5.      Istirahat secukupnya
Manfaatkan waktu istirahat dengan baik. Makan siang bersama teman-teman merupakan kegiatan yang pas anda lakukan saat jam istirahat. Karena makan siang akan menambah energi dan semangat anda untuk bekerja. Tapi saat jam istirahat usai, segeralah kembali ke kantor.jangan larut dalam obrolann yang nggak perlu. Toh waktu satu jam cukupkan untuk makan siang sambil bersosialisai nah sudahkah anda melakukan cara-cara tersebut agar terhindar dari lembur. Jika pekerjaan anda selalu selesai tepat waktu anda tentu akan lebih lega. Anda bisa segera pulang menemui keluarga tercinta dan menghabiskan malam-malam yang hangat bersama mereka. Bukankah ini sangat berarti bagi anda setelah seharian bekerja.
Link
Dilihat 91 kali Ditulis Oleh