Loading...
Wednesday, 22 Nov 2017

CDAC UMSU (online system)

CAREER DEVELOPMENT & ALUMNI CENTER
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA
Sistem Pusat Karir Online
 

Mengusir Rasa Kantuk Tanpa Minum Kopi

tips karir | 12 September 2017 11:39 wib
---
Saat mengantuk di sela beraktivitas, minum kopi adalah jawaban yang selama ini dilakukan oleh orang –orang. Sayangnya, tidak semua orang  cocok minum kopi, terutama yang memiliki masalah asam lambung.
Minum kopi bagi mereka justru akan menyebabkan nyeri lambung, perut begah, kembung dan sering buang angin. Anda jika salah satu orang yang tidak bisa minum kopi, bisa melakukan beberapa alternatif untuk mengusir kantuk seperti cara berikut ini.
1.      Nonton Video  Lucu
Rasa kantung kadang  timbul kerana anda bosan dengan rutinitas di meja kantor.anda perlu memalingkan perhatian sejanak ke beberapa hal untuk mengusir rasa kantuk. Jika anda malas meninggalkan meja kerja, maka menonton video lucu bisa menjadi penghibur anda. Selain video lucu juga bisa bermain games ringan di jejaring sosial disela-sela kerja saat mengantuk. Disela –sela kesibukan mengalihkan fokus ke hal lain tak masalah.  Seperti diungkapkan oleh Anne Milasinicic Andrews, pakar neurofarmakologi dari University Of California bahwa alihan visual atau stimulasi lain akan membangkitkan kewaspadaan lebih tinggi daripada membiarkan rasa kantuk menyerang anda.
2.      Minum Air Putih
Rasa kantuk juga disebabkan oleh oleh kekurangan cairan atau dehidrasi yang membuat fokus otak berkurang. Aliran darah ke otak melambat sehingga kosentrasi sering hilang. Untuk meredakan efek dehidrasi dengan meningkatkan volume darah yakni minum air putih. Volume darah yang berkurang bisa menurunkan aliran darah dan nutrisi ke otak padahal kedua hal tersebut sangat penting ketika beraktivitas.
3.      Jalan –jalan
Aktivitas di meja kerja yang terlalu lama juga menyebabkan rasa bosan dan mengantuk. Risiko dari hal ini seringkali kegemukan dan beberapa penyakit lain yang menyertainya. Untuk itu,setiap3- 4 jam sekali sempatkan untuk berjalan-jalan di sekitar, hal ini dilakukan untuk meningkatkan denyut jantung dan membiarkan tubuh terpapar cahaya sehingga kantuk pun hilang. 
4.      Mengunyah Mint
Waktu kritis saat bekerja adalah siang menjelang sore sebab rasa kantuk menyerang tubuh sangat hebat. di jam ini pula biasanya kadar gula darah mulai menurun akibatnya otak merasa kelelahan. Untuk membantunya, kunyak permen mint atau minuman mengandung mint untuk menstimulasi sensoris otak.
5.      Tidur
Tidur adalah solusi paling tepat ketika Anda mengantuk. Daripada Anda mengonsumsi kopi, maka sempatkan diri untuk tidur siang sejenak selama 15 -30 menit sebagai power up. Setelah tidur maka badan dan pikiran kembali ringan dan bersemangat lagi.

Link
Dilihat 88 kali Ditulis Oleh