Loading...
Wednesday, 22 Nov 2017

CDAC UMSU (online system)

CAREER DEVELOPMENT & ALUMNI CENTER
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA
Sistem Pusat Karir Online
 

Menentukan Nama Produk dan Usaha

a.    Kumpulkan info dari orang-orang yang terlibat dalam usaha tentang ide dibalik produk atau usaha

b.    Buatlah daftar kata sifat untuk membuat nama produk atau usaha. Kata sifat itu kemudian digunakan membuat nama produk atau usaha

c.       Pilih nama yang menarik perhatian

d.      Buat nama yang sederhana agar mudah diingat

e.       Cek penggunaan nama tersebut oleh pihak lain untuk menghindari gugatan hak cipta merk


10 Tips Memulai Usaha Secara Realistis

1.      Ide usaha harus realistis sesuai kebutuhan lingkungan sekitar.

2.      Jangan investasi uang sendiri carilah partner bisnis.

3.      Rela mempekerjakan diri sendiri.

4.      Hargai waktu sebagai uang yang sangat berharga.

5.      Rekrut karyawan yang baik

6.      Jual keunggulan / manfaat produk/jasa kepada konsumen jangan mejual harga

7.      Ketahui dan jaga angka-angka dasar.

8.      Gunakan teknologi terbaru.

9.      Perlakukan suplier dengan baik.

10.  Semangatnya berbuat yang paling terbaik.



Tips efesiensi biaya produksi

Sebagai langkah awal manajemen biaya tentunya kita harus memahami betul apa saja komponen yang masuk dalam biaya produksi kita. Biasanya komponen biaya produksi terbagi menjadi 4 bagian, yakni sebagai berikut :

(I)           Biaya bahan,Usahakan agar penggunaan bahan baku se-efisien mungkin. Langkah ini bisa Anda mulai dengan cara meminimalkan bahan yang terbuang. Disamping itu, pada saat pembelian bahan baku juga harus diupayakan mendapatkan harga kulakan yang paling kompetitif. Dengan begitu biaya pembelian bahan tidak mengalami pembengkakan.

(II)     Tenaga kerja,Untuk menekan biaya, maka kita harus mengupayakan agar tenaga kerja kita mampu bekerja dengan produktifitas semaksimal mungkin. Sebaiknya, tentukan target kerja yang harus dicapai setiap karyawan agar mereka bisa bekerja semaksimal mungkin di bidangnya masing-masing.

(III)  Peralatan,Pembelian dan penggunaan peralatan harus sesuai prosedur agar peralatan tersebut memiliki usia pakai seperti yang telah direncanakan para pemilik perusahaan. Jika peralatan  yang dibeli kualitasnya di bawah rata-rata dan dipergunakan dengan cara yang tidak semestinya, pastinya akan menimbulkan biaya perawatan yang tidak sedikit. Untuk itu sebelum membeli dan menggunakan peralatan-peralatan, perhitungkan dengan matang agar tak ada biaya tambahan yang harus Anda keluarkan.

(IV)    Biaya operasional dan overhead, Selalu mencari terobosan/ cara baru agar operasional perusahaan bisa berjalan lebih efisien. Contohnya seperti mengusahakan untuk mencari cara efektif untuk meminimalisir biaya operasional.


Demikian beberapa cara untuk menghemat biaya produksi, sehingga keuntungan bisa lebih dimaksimalkan.


Meningkatkan Nilai Tambah Produk dan Pelayanan

1.       Berpikir memberikan produk dan pelayanan dengan kualitas terbaik

2.       Perbaiki kemasan dan penyajian

3.       Menerapkan level pelayanan

4.       Memberikan pelatihan atau seminar tentang manfaat atau pemanfaatan produk/jasa

5.       Selalu melakukan inovasi efektif

6.       Menggunakan sumber daya manusia yang mampu memberikan Excellence Services

7.       Mempercepat waktu pelayanan

8.       Memberikan informasi berkala kepada pelanggan


Tips sukses mengelola keuangan ukm

1.      Fokus dan prioritas pembiayaan

2.      Pisahkan uang pribadi dan uang bisnis

3.      Hitung dan rencanakan penggunaan keuangan

4.      Buat pembukuan yang rapi

5.      Monitoring investasi

6.      Segera lunasi hutang



5 hal yang tidak ingin didengarkan pelanggan

1.      Saya terkejut Anda belum pernah mendengar tentang produk kami.

2.      Itu bukan bagian pekerjaan saya

3.     Maaf, sudah waktunya tutup, jadi saya tidak dapat berbicara dengan Anda sekarang ini.

4.      Anda adalah orang pertama yang mengeluh tentang layanan kami.

5.     Jika Anda membeli barang ini, Anda akan membantu saya memenuhi kuota penjualan bulan ini.



5 hal penting menanggapi keluhan pelanggan

  1. Jangan biarkan pelanggan menunggu terlalu lama mendapatkan tanggapan.
  2. Jangan memberikan tanggapan atau respon yang telalu panjang.
  3. Jangan memberikan dalih atau alasan yang bukan merupakan solusi atau jawaban yang dianggap sebagai alasan oleh pelanggan.
  4. Jangan terkesan menyalahkan pelanggan dan bersikeras bahwa produk anda sudah sempurna dan baik.
  5. Jangan lupa mengucapkan terima kasih atas keluhan dan masukan yang telah diberikan pelanggan.


5 cara memelihara semangat entrepreuneurship

1      1.      Terus menerus bersemangat dan berpikir untuk meningkatkan kinerja uasaha

2      2.      Meyakini bahwa anda akan menjadi wirausaha sukses di masa depan

3      3.      Jadikan kritik sebagai motivasi gratis

4      4.      Jangan takut gagal selama anda produktif

5      5.      Membiasakan diri dalam kondisi yang menantang


8 SUMBER MODAL USAHA

  1. Modal sendiri
  2. Pinjam Teman/saudara
  3. Kemitraan
  4. Lembaga non-formal
  5. Pegadaian
  6. Bank
  7. Lembaga Non-bank
  8. Modal Konsinyasi


10 kualitas pengusaha pemula

  1. Pengetahuan khusus
  2. Percaya diri
  3. Keuletan
  4. Motivasi yang tepat
  5. Kreativitas dan Inovasi
  6. Pandangan strategik
  7. Kepemimpinan
  8. Menghilangkan egoisme
  9. Kemampuan untuk berbelok
  10. Etika


5 karakter kepemimpinan wirausaha sukses

1.      PURPOSEFULL (MEMILIKI VISI YANG JELAS)

2.      RESPONSIBLE (BERTANGGUNG JAWAB)

3.      INTEGRITY (INTEGRITAS)

4.      LISTEN (MAU BANYAK MENDENGAR)

5.      SERVICE (MELAYANI)